McDonald's Bakal Ubah Citranya Jadi Healthy Junk Food Lho!
REMINEWS - Salah satu gerai fast food terbesar di dunia, McDonald's, mengumumkan lima "Global Happy Meal Goals" baru hingga tahun 2022. Komitmen ini ditujukan bagi keluarga selaku konsumen mayoritas McDonald's.
Langkah ini menyusul upaya yang telah dijalin bersama aliansi non-profit "Healthier Generation" sejak 2013 lalu. Aliansi ini fokus pada memberdayakan lingkungan yang sehat bagi anak-anak.
Mereka berusaha menaikkan kualitas gizi pangan dari produk McDonald's, terutama Happy Meal. Caranya dengan memanfaatkan buah, sayur, susu rendah lemak, dan lain sebagainya.
"Kami menyadari harus memberi dukungan kepada keluarga, sebagai salah satu restoran yang paling sering dikunjungi di dunia, dan tetap berkomitmen untuk memperbaiki kualitas makanan," ujar Steve Easterbrook, Presiden dan CEO McDonald's Corporation.
Pada 2022, McDonald's akan melakukan perbaikan serta peningkatan pada menu Happy Meal di 120 pasar dengan melakukan 5 langkah berikut ini:
1. Menawarkan Makanan Dengan Gizi Seimbang
Mcdonald's akan menetapkan kriteria nutrisi yang baru secara menyeluruh. Paling tidak, 50 persen menu paket Happy Meal yang tercantum dalam seluruh platform sudah memenuhi kebijakan baru 2022. Baik menu yang ada di restoran, kios, mau pun aplikasi online.
Salah satunya adalah makanan mengandung maksimal 600 kalori. Terdiri dari 10 persen kalori dari lemak jenuh, natrium 650 mg, dan 10 persen kalori gula tambahan. Saat ini, sudah ada 20 negara yang menerapkan konsep Happy Meal Global, alias sekitar 28 persen dari total gerai McD di seluruh dunia.
2. Penyederhanaan Bahan
Demi menunjang keberhasilan program ini, McDonald's juga akan menyederhnakan bahan-bahan yang digunakan. Di antaranya mengurangi pengawet buatan, berhenti menggunakan perasa buatan, serta menghilangkan pewarna buatan.
Saat ini McDonald’s Indonesia sedang mengkaji ulang paket menu Happy Meal agar memenuhi kriteria nutrisi yang ditetapkan. Rencananya, McDonald’s Indonesia akan meluncurkan menu Happy Meal yang lebih sehat pada tahun depan.
3. Transparan Dengan Informasi Nutrisi
Untuk membangun kepercayaan konsumen, McDonald's berupaya transparan soal kandungan nutrisi produk Happy Meal. Karena selama ini, masyarakat cenderung khawatir soal jumlah kalori mau pun bahan-bahan yang digunakan di dalam sajian mereka.
Pihak global memastikan, pelanggan nantinya bisa mengakses informasi tersebut dengan lebih mudah melalui semua situs McD. Baik melalui website atau pun aplikasi pesan antar McDonald's.
4. Tanggung Jawab Terhadap Konsumen
Dengan mengacu pada tujuan yang baru, produk Happy Meal yang diiklankan harus memenuhi kriteria dan standar gizi baru McDonald's.
Selain itu pihaknya akan fokus membangun konten iklan serta pemasaran positif yang ditujukan untuk anak-anak. Mengingat ekspansi McD sangat luas dan memiliki pengaruh di lebih dari 100 negara tempatnya tersebar.
5. Melakukan Pendekatan Promosi yang Inovatif
McDonald's ingin melakukan perubahan secara total dengan konsep Happy Meal yang baru. Tidak hanya memperbaiki kualitas rasa, bahan, dan gizi. Namun, materi serta strategi promosi juga dipikirkan dengan baik.
Restoran cepat saji dengan lebih dari 37 ribu gerai ini berkomitmen untuk menciptakan sistem pemasaran yang inovatif dan tepat sasaran. Termasuk kemasan dan memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana promosi.
0 komentar: