BBM: 2B42DF7E
Whatsapp: +855-855-92-428
WeChat: KARTU_REMI

August 6, 2018

5 Fakta Mengerikan Momo Challenge, Para Ibu Waspadalah!



KARTUREMI - Permainan tantangan yang dilakukan kalangan milenial semakin mengerikan. Tren terbaru yang kini sedang mewabah benar-benar harus membuat orang tua semakin waspada dengan kebiasannya buah hatinya di jejaring sosial media.

Adalah 'Momo Challenge' yang kini tengah ramai menjadi perbincangan di media sosial.

Momo Challenge disebut sebagai suatu permainan yang diduga menyebabkan sejumlah orang tewas bunuh diri.

Berdasarkan Computer Crime Investigation Unit di the Mexican state of Tabasco, permainan itu berawal dari Facebook yang para anggotanya ditantang berkomunikasi dengan sebuah nomor tak dikenal yang diketahui adalah sosok Momo.

Mereka yang memulai tantangan harus berkomunikasi dengan Momo melalui WhatsApp.

Setelah itu, mereka akan mendapatkan serangkaian tantangan dalam beberapa hari hingga akhirnya diharuskan bunuh diri pada hari terakhir.

Mereka yang tidak menuruti perintah diancam akan disebarkan informasi pribadinya, atau foto mereka akan bocor di publik.

Kecurigaan polisi semakin menguat saat seorang bocah 12 tahun di Argentina ditemukan tewas usai berkomunikasi dengan Momo lewat whatsapp.

Dari penelusuran, nomor yang digunakan Momo berasal dari Jepang, Kolombia, dan Meksiko. Sosok 'Momo' yang digambarkan sebagai seorang wanita yang menyeramkan dengan mata melotot.


Terkait dengan tantangan ini, KPAI mengimbau agar para orang tua mengawasi putra-putrinya agar tidak mengikuti tantangan viral yang membahayakan.

5 Fakta Mengerikan Momo Challenge

Ini lima fakta mengerikan Momo Challenge

1. Tantangan berawal saat pengguna melihat profil WhatsApp Momo

Permainan membahayakan ini biasanya dimulai saat seseorang menambah atau mengirim pesan pada pengguna yang terkait Momo melalui WhatsApp. Sosok wanita menyeramkan akan mengundang orang mengirim pesan padanya melalui WhatsApp.

Setelah berhasil terhubung, Momo akan mulai dengan ancaman di malam hari atau mengutuk seseorang yang tak membalas pesan.

Seseorang yang terhubung akan dikirim foto atau grafik menyeramkan.

2. Selama mengikuti Momo Challenge, pengguna akan diancam untuk mematuhi tugas atau menyakiti diri sendiri

Seringkali pengguna dan diyakinkan untuk melakukan tindakan yang merugikan diri sendiri atau informasi pribadi mereka akan disebar. Di bagian lain, Momo akan mengancam untuk menyakiti orang yang mereka cintai jika perintah tak dijalankan.

Asal Mula Foto Momo

3. Gambar profil Momo diambil dari patung perusahaa efek khusus Jepang

Foto profil Momo dikabarkan diambil dari potongan tubuh patung wanita burung yang diciptakan Link Factory, sebuah perusahaan efek khusus Jepang. Sempat santer beredar jika patung itu dibuat seniman Jepang Midori Hayashi. Namun kabar itu dibantah olehnya lewat Facebook. Bantahan juga dibuat Link Factory

foto itu berasal dari foto yang diunggah pemilik akun instagram @nanaakooo di Instagram Link Factory pada 25 Agustus 2016. Saat itu patung dipamerkan di galeri senin di Ginza, Tokyo

4. Banyak terjadi di Amerik Latin

Tak diketahui pasti darimana tantangan ini pertama kali muncul. Mengutip laman 9News, tantangan ini diduga berasal dari Jepang. Namun dugaan ini kurang kuat karena hanya berdasarkan pada informasi asal foto profil diambil. Sementara laman La Republica melaporkan, tantangan ini berasal di grup Facebook. Para anggota ditatang menjalin komunikasi dengan nomor yang tak dikenal.

Aplikasi ini populer di negara-negara berbahasa Spanyol. Namun akun tiruannya kini juga telah dibuat. Tercatat tantangan ini sudah terjadi di Meksiko, Argentina, Amerika Serikat, Perancis, dan Jerman.

5. Satu Orang Pengguna Telah Lakukan Bunuh Diri

Pihak berwenang Argentina telah mengeluarkan peringatan kepada orang tua agar mewaspadai Momo Challenge. Imbauan ini dikeluarkan setelah seorang gadis 12 tahun didistrik Ecobar, Ingeniero Maschwitz melakukan bunuh diri. Diduga kematian gadis remaja itu ada kaitannya dengan Momo Challenge.



Sumber : https://www.dream.co.id/unik/w

0 komentar: